Wedding Batak Exhibition 2024 "Batak Untuk Indonesia"

Wedding Batak Exhibition pertama kalinya digelar di Indonesia tanggal 7-8 September 2024 di Smesco Convention Hall Jakarta kemarin, tema yang diangkat "Merayakan Budaya Batak dan Menginspirasi Generasi Muda Di Jakarta". Event ini digelar untuk merayakan sekaligus mempromosikan kekayaan budaya Batak. Di Wedding Batak Exhibition mengajak pengunjung untuk menyaksikan dan merasakan langsung pesona tradisi pesona Batak dalam berbagai bentuk.

Tentu saja acara ini bukan hanya sekedar pameran, tetapi event inindirancang untuk mempertemukan para vendor pernikahan Batak dan nasional dengan para calon mempelai sekaligus memberikan ruang bagi talenta muda untuk menampilkan ketrampilan dan kreativitas mereka dalam fashion danusik dan juga tarian tradisional Batak. Ibu Martha Simanjuntak, Project Director WBE 2024 kemarin di Jakarta. "Kami ingin mengangkat UKM ekonomi kreatif yang bergerak di berbagai sektor pendukung serta melestarikan dan memperkenalkan budaya Batak kepada masyarakat luas."


budaya batak
Wedding Batak Exhibition 2024

Indonesia kaya akan budaya, acara ini juga diharapkan dapat menjadi gerakan dan mempertahankan budaya dan identitas bangsa melalui budaya Batak. Wedding Batak Exhibition 2024 mengusung misi budaya yang lebih besar. Menampilkan lima budaya Batak utama, yaitu Batak Toba, Batak Karo, BatakPakpak, Batak Simalungun dan Batak Mandailing. Bagi masyarakat yang datang, ini merupakan wawasan untuk lebih mengenal betapa kayanya Indonesia dan budaya Batak hanya bagian dari warisan budaya yang harus kita jaga bersama. Wedding Batak Exhibiton 2024 juga bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan tradisi pernikahan Batak yang unik dan beragam. "Batak untuk Indonesia" menjadi tagline yang menggema dalam acara ini, menegaskan bahwa budaya Batak dengan segala tradisi, adat, dan nilai-nilainya berkontribusi signifikan dalam memperkaya keragaman budaya Indonesia.

Melalui pameran ini, diharapkan masyarakat luas dapat melihat dan mengenal bahwa budaya Batak tidak hanya relevan bagi masyarakat Batak sendiri, tetapi juga mampu memberikan inspirasi dan nilai-nilai yang dapat di apresisasi oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. "Ini adalah kesempatan emas bagi kami untuk menyatukan budaya Batak dalam konteks kebangsaan yang lebih luas," tambah Martha."Kami ingin menunjukkan bahwa setiap budaya daerah memiliki peran penting dalam membangun identitas nasional yang beragam dan inklusif."

budaya batak
Talk show "Harta Tahta dan Wanita" oleh Ina Rachman 

Wedding Batak Exhibition 2024 juga menampilkan beragam kegiatan, termasuk pameran budaya, fashion show, talk show, konser musik dan kompetisi make up artis (MUA). Talk show bersama Ina Rachman SH., M.HUM mengangkat tema "Harta Tahta Wanita" patriaki dalam budaya Batak, Peran Hukum dalam Mengadaptasi Budaya Batak. Dalam talk show kemarin, bukan hanya pada budaya Batak saja, pada budaya Jawa, Sumatera dalam pernikahan bukan hanya soal menyatukan dua saja antara aku kamu tetapi pernikahan adalah sebuah moment yang menyatukan 2 keluarga, dan adat istiadat. Tapi kembali lagi kepada yang menjalaninya, harta tahta dan wanita masih menjadi permasalahan yang rumit untuk ditelusuri. Pilihan menikah itu adalah suatu pilihan yang harus kita terima segala konsekuensinya.

Wedding Batak Exhibition 2024 ini sangat membantu sekali bagi calon mempelai yang sedang mencari vendor pernikahan atau catering untuk pesta pernikahan nanti. Apapun budaya nya, sebuah pernikahan adalah gerbang menuju kebahagiaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kulineran Sate Maranggi Haji Yetti Cibungur Purwakarta

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Waspada Kenali Gejala Dengue dan Cegah dengan Vaksin Dengue